Info Sekolah
Sunday, 21 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 3 Borong
2 March 2024

PEMIMPIN YANG TRANSFORMATIF

Saturday, 2 March 2024 Kategori : Artikel

Vinsen Nurdin

Sman3borong.sch.id-Suatu kelegaan yang luar biasa karena pada hari ini berkesempatan untuk mengalami secara lagsung bagaimana menata diri dalam organisasi. ini adalah ujaran yang diungkapkan salah seorang peserta dalam kegiatan LKTD hari. Hari ini Sabtu 03 Maret 2024 lembaga SMAN 3 BORONG mengadakan kegiatan akademis yakni LKTD(Latihan kepemimpinan tingkat dasar dengan tema PEMIMPIN YANG TRANSFORMATIF. Sebagai insane akademis yang membentuk dan menetaskan manusia yang manusiawi, pelatihan sekelas ini menjadi pergerakan yang seharusnya demi menggapai cita-cita luhur mencerdaskan kehidupan bagsa. Benang merah dari diskursus mencerdaskan kehidupan bangsa tidak hanya melulu kepada transfer pengetahuan akademik melalui mata pelajaran kurikulum nasional/sekolah, tetapi juga menukik jauh pada kebutuhan mendesak pembentukan karakter manusia yang lihai dalam memimpin diri dan orang lain. LKTD sudah menjadai rutinitas civitas akademika SMAN 3 BORONG semenjak 3 tahun terakhir. Dasar pertimbagan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah mengusik potensi peserta didik untuk mengerami diri dalam pola asuh, pola asih dan pola asa kepemimpinan manusia.

Kegiatan yang terprogram secara sistematis ini melibatkan seluruh pengurus OSIS SMAN 3 BORONG baik yang purna tugas maupun yang sementara bertugas. Rancanagan awal dari kegiatan ini terprogram sehingga tertular kepada peserta didik SMP yang menjadi mitra langsung pembentukan karakter manusia Indonesia.  Sangat terlihat rasa ingin tahu dari seluruh peserta yang hadir dan aktif melaksanakan kegiatan ini. Salah satu lembaga SMP yang hadir dalam kegiatan yang luar biasa ini adalah SMPN 5 BORONG yang juga bersama lembaga SMAN 3 BORONG menjadi sekolah penggerak angkatan 1 di Kabupaten Manggarai Timur. Dua peserta SMPN  5 BORONG atas nama Maria a. Farau (kelas VII) dan Josefa D.Hambur (kelas VIIC) dan salah seorang Pembina Bpk. Antonius Joz Masut S. Kom secara aktif mendalami materi LKTD hari ini.  Peserta secara keseluruhan  berjumlah 26 orang.

Semua pemateri adalah para pendidik SMAN 3 BORONG dan tetap mengusung tema yang memberi penekanan kepada pro eksistensi terhadap alam. Paham utama yang menjadi aras utama diskusi adalah mengisi ruang pemahaman seluruh peserta dengan menjadikan alam sebagai sahabat. Paham ini berkembang dalam keberlanjutan prinsip bahwasannya manusia adalah salah satu dari alam dan bukan satu-satunya apalagi menjadi tuan atas ciptaan lainnya. Alam/jagat raya sebagai makro kosmos dan manusia dan unsure-unsur lainnya adalah mikro kosmos. Diskurus makro dan mikro kosmos semakin terus didalami sehingga langsung menukik pada pemahaman baru yang lebih integral.

Kepala SMAN 3 BORONG Bpk. Konstantinus Everson Rada, S.Psi yang secara resmi membuka kegiatan ini menegaskan dan menekankan relevansi dari adanya sikap dan mental mengedepankan keharmonisan unsur-unsur alam. Ada pola yang dituntut untuk sampai kepada keharmonisan itu dan secara simple salaing menyadari  keberadaan masing-masing, segala apa saja yang ada.

LKTD dengan tema PEMIMPIN YANG TRANSFORMATIF tentu berakibat pada perubahan paradigma manusia pada umumnya.PEMIMPIN YANG TRANFORMATIF adalah pemimpin yang mempu menggandakan kemampuannya karena bersandar pada etika pro eksistensi. Merasa tidak cukup dengan ko eksistensi  dan beralih kepada pro eksistensi. Istilah terakhir lebih menekankan persamaan hak antara sesama  unsur di alam.

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Agenda

23
Jul 2023
waktu : 08:00
23
Jul 2023
waktu : 08:30
08
Aug 2022

Info Sekolah

SMAN 3 BORONG

NSPN : 50309258
JAWANG, Golo Kantar, Kec. Borong, Kab. Manggarai Timur Prov. Nusa Tenggara Timur
TELEPON 082145071833
EMAIL smantigaborong@gmail.com
WHATSAPP +62-82145071833