Info Sekolah
Monday, 04 Mar 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 3 Borong
23 November 2023

Guru Seni Rupa SMAN 7 Kota Komba Berbagi Praktik Baik di SMAN 3 Borong

Thursday, 23 November 2023 Kategori : Artikel

Sman3borong.sch.id- Setelah berhasil melakukan praktik baik dalam mengimplementasikan tema ” Gaya Hidup Berkelanjutan” bersama perserta didik SMAN 7 Kota Komba, hari ini, Kamis 23/11, Bapak I Wayan Suarnata, S.Pd, Gr mencoba melipir ke kota Borong untuk membagi praktik baik tersebut ke SMAN 3 Borong.

Untuk diketahui, Bapak I Wayan Suarnata, S.Pd, Gr merupakan seorang guru seni rupa asal Bali yang kini mengabdi di SMAN 7 Kota Komba yang merupakan sekolah penggerak angkatan 2 di Kabupaten Manggarai Timur.

Di sekolah tersebut, Bapak Wayan, panggilan akrabnya, telah banyak menghasilkan karya-karya seni rupa yang inovatif bersama para siswa SMAN 7 Kota Komba melalui gerakan yang berslogan ” Inovasi dari Sampah” sebagai bentuk mengimplementasikan tema gaya hidup berkelanjutan.

Dalam membagi praktik baiknya di SMAN 3 Borong, sebelum membagi lebih jauh tentang tips dan cara-cara kreatif dalam menciptakan sebuah karya seni rupa yang inovatif, Guru Seni Rupa dari pulau Dewata itu juga menjelaskan betapa pentingnya ranah kognitif khususnya yang berhubungan dengan kemampuan berpikir untuk dimiliki seorang seniman dalam berkarya.

Menurutnya, kemampuan berpikir yang mencakup 6 hal seperti Evaluasi, Pemahaman, Sintesis, Analisis, Penerapan dan pengetahuan (knowledge) itu menjadi begitu penting karena merupakan fondasi dasar yang harus diperkuat dan dimiliki oleh seorang seniman sejati sebelum berkarya lebih jauh dalam dunia seni.

Setelah menjelaskan banyak hal tentang proses kreatif dan kemampuan berpikir kepada warga sekolah SMAN 3 Borong, Pak Wayan pun mengakhiri praktik baiknya dengan memperlihatkan cara-cara kreatif dalam membuat sebuah karya seni rupa, di depan para siswa dan para guru SMAN 3 Borong dengan membuat sebuah lampion yang berbahan dasar dari sampah.

Praktik baik itu pun sontak diikuti oleh para guru dan para siswa SMAN 3 Borong dengan maksud untuk segera mendapatkan cetak biru dari karya yang dibuat pak Wayan. Kabarnya cetak biru dari karya tersebut akan dikembangkan secara mandiri dengan sedikit modifikasi oleh pihak SMAN 3 Borong untuk kepentingan pameran karya P5 yang bakal terjadi pada Desember mendatang.

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Agenda

23
Jul 2023
waktu : 08:00
23
Jul 2023
waktu : 08:30
08
Aug 2022

Info Sekolah

SMAN 3 BORONG

NSPN : 50309258
JAWANG, Golo Kantar, Kec. Borong, Kab. Manggarai Timur Prov. Nusa Tenggara Timur
TELEPON 082145071833
EMAIL smantigaborong@gmail.com
WHATSAPP +62-82145071833